Andi Sudirman Sulaiman dan Ketum PSI Kaesang Tunjukan Keakraban saat Silaturahmi di Jakarta

JAKARTA– Bakal calon Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman bersilaturrahmi ke Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep di Jakarta.

Pertemuan berlangsung di Kantor DPP PSI di Jakarta, Jumat pagi (14/6/2024). Andi Sudirman Sulaiman (ASS) disambut hangat oleh Kaesang dalam silaturahmi selama sekira dua jam.

Dalam foto yang diabadikan, Andi Sudirman dan Kaesang berpose dalam suasana akrab di sebuah ruang pertemuan.

Andi Sudirman mengenakan kemeja batik, sedangkan Kaesang dengan kemeja putih. Pertemuan ini jadi momen penting jelang Pilgub Sulsel 2024.

Hasil survei terbaru beberapa lembaga survei menunjukkan Andi Sudirman merupakan salah kandidat terkuat, baiK sendiri maupun dipasangkan dengan Fatmawati Rusdi.

Pertemuan Andi Sudirman dan Kaesang dibenarkan Tim Pemenangan Andalan, Haeruddin Nurman.

“Iya, tadi Pak Andi Sudirman bertemu. Suasananya penuh dengan keakraban dan menyinggung soal bagaimana Sulsel ke depan,” kata pria yang akrab disapa Elu.

Elektabilitas Tertinggi

Survei terakhir Indeks Politica Indonesia (IPI) yang dilaksanakan 3 – 8 Juni 2024 menunjukkan nama Andi Sudirman Sulaiman berada di puncak dengan perolehan suara 31,5 persen.

Di urutan kedua dengan angka 14,7 persen ditempati Ilham Arif Sirajuddin. Ketiga Adnan Purichta Ichsan dengan 9,9 persen.

Selanjutnya ada nama Fatmawati Rusdi dengan angka 8,6 persen. Disusul Indra Putri Indriani dengan angka 8 persen.

Di posisi keenam ditempati Danny Pomanto dengan 6,6 persen, Andi Iwan Darmawan Aras 5,4 persen, Taufan Pawe 4,2 persen dan Andi Bau Sawa Mappanyukki dengan angka 0,5 persen.

Dalam survei ini responden yang tidak menjawab dan tidak tahu masih mencapai 10,6 persen.

Simulasi Pasangan

Selain survei elektabilitas perorangan IPI juga melakukan survei simulasi pasangan.

Survei Pilgub Sulsel yang dilansir IPI baru-baru ini menunjukkan simulasi dua pasangan, maka pasangan Andi Sudirman-Fatmawati 56,5 Persen, Dani Pomanto-Indah 25,2 Persen.

Simulasi elektabilitas dua pasangan, yakni pasangan Andi Sudirman-Fatmawati 56,5 Persen dan Dani Pomanto-Indah 25,2 Persen.

Pada simulasi 3 pasang calon yang pertama, yakni paslon Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi unggul jauh dengan 49,7 persen.

Kedua Danny Pomanto-Indah Putri Indriani dengan angka 19,9 persen.

Ketiga paslon Ilham Arief Sirajuddin-Andi Bau Sawa Mappayukki memperoleh angka 19 persen. Tidak tahu dan tidak menjawab 11, 4 persen.

Pada simulasi 3 pasang calon yang kedua, Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi masih unggul telak dengan 47,2 persen.

Kemudian disusul Danny Pomanto-Indah Putri Indriani 19,3 persen.

Terakhir paslon Andi Darmawan Aras-Adnan Purichta 16,4 persen. Responden yang tidak menjawab dan tidak tahu ada 17,1 persen.

Comment